Minggu, 07 Juni 2015

Kesehatan Dan Kesegaran Jasmani






A. Pengertian Kesehatan Dan Berpola Hidup Sehat
Ladi dkk ( 3:2006) Kesehatan merupakan dasar untuk peningkatkan dan pembinaan kesegaraan jasmani, oleh karena itu sebelum seseorang melakukan latihan kesegaran jasmani, ia mutlak harus berada dalam kondisi "sehat".
Pola hidup sehat dasarnya adalah suatu kesatuan program yang meliputi program kesehatan, kesegaran jasmani, gizi dan aktivitas rekreasi yang bila dilaksanakan pola hidup sehat secara baik dan benar maka seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan memperoleh tubuh yang sehat, tigkat kesegaran jasmani yang memadai serta mampu menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan mental melalui kegiatan-kegiatanang bersifat rekreatif.
Manfaat yang diperoleh dengang menerapkan pola hidup sehat adalah sebagai berikut. 
1. Berpenampilan lebih sehat dan ceria;
2. Dapat tidur nyenyak;
3. Dapat menikmati kehidupan sosial baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat, sehingga meningkat kan kualitas hidup.
4. Dapat belajar atau berkarya lebih baik.
5. dapat meningkatkan produktivitas kerja.
6. Berpikir sehat dan positif
7. Merasa tentram dan nyaman
8. Memiliki rasa percaya diri dan hidup seimbang.

dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 1992, di jelaskan bahwa "kesehatan" adalah "keadaan sejahtra dari badan, jiwa dan sosial yang memingkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis". dari definisi tersebut terlihat bahwa kesehatan bukanlah semata-mata keadaan bebas dari penyakit, cacat atau kelemahan. ari pengertian tersebut tersimpulkan bahwa hidup sehat secara badaniah, sosial dan rohani merupakan hak setiap orang badaniah, sosial dan rohani merupakan hak setiap orang. sedangkan yang dimaksudkan dengan" pola hidup sehat" adalah segala upaya guna menerapkan kebiasaan baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan diri dari kkebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.
kebiasaan-kebiasaan baik, dalam pola hidup sehat, yang perlu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hhari meliputi.
1. Pemeliharaan kebersihan dan kesehatan pribadi, terutama kesehatan k
lit, rambut, kuku, mata, telinga, mulut, gigi, tangan, dan kaki, serta memakai pakaian yang bersih,selain itu tubuh juga perlu gerak dan istirahat yang cukup.
2. Makan makanan sehat, yang memenuhi gizi seimbang hidangan gizi seimbang mengandung zat tenaga , zat pembangun dan zat pengatur yang dikonsumsi seseorang dalam satu hari secara seimbang, sesuai dengan kebutuhan hidup.
3. Makanan yang dimakan juga harus selalu disesuaikan dengan usia dan jenis aktivitas tubuh yang dilakukan, serta keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran energi, sehingga tercapai berat tubuh yang propor-sional. Cara mengukur berat badan yang proposional akan dijelaskan dalam uraian tentang pegukuran tingkat kesegaran jasmani.
4. Pemeliharaan kesehatan lingkunngan, yang berarti menjaga kebersihannya. Untuk itu tiga faktor utama yang harus terpenuhi untuk menjaga kesehatan lingkungan adalah ; tersedianya air bersih, terakomodasinya pembuangan sampah dan limbah, serta terjaganya kebersihan dan kesehatan kamar mandi jamban/wc dan peturasan.
5. Pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui secara dini adanya gangguan kesehatan atau penyakit, sehnngga pengobatanya akan lebih mudah daripada jika penyakitnya sudah bertambah parah. Bagi PNS yang usianya di bawah 40 tahun, pemeriksaan kesehatan cukup di lakukan sekali dalam dua tahun , sedangkan bagi yang sudah di atas 40 tahun atau lebih sebaiknya setiap tahun dilakukan pemeriksaan kesehatan.
6. Menghidari kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan seperti merokok dan minum alkohol serta penyalahgunaan obat, narkotik dan zat aditif lainnya. Juga perlu dihindari terjadinya kontak langsung dengan orang yang menderita penyakit menular.
7. Hindari memakai perlengkapan pribadi lorang lain (apa lagi, milik penderi penyakit menular) seperti sikat gigi, sabun mandi, handuk, pakaian , sendok, gelas & sisir.
8. Jangan melakukan hubungan seksual di luar nikah, atau berperilaku seksual menyimpang (seperti homo-seksual dan seks bebas), karena dapat terkena penyakit menular seksual (PMS) termasuk HIV/AIDS.
9. Mengendalikan stress dengan cara menyelesaikan pekerjaan satu persatu pada satu saat, tidak mengkritik orang lain, selalu bersikap ramah dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sertwa cukup tidur teratur setiap harinya sehingga badan akan mendapatkan kesegaran pada hari berikutnya.
B. Penerapan Pola Hidup Sehat melalui Pesan Tangan
Untuk memudahkan seseorang agar selalu ingat untuk menerapkan pola hidup sehat, dapat di lakukan dengan teknik "pesan tangan" seperti tergambar dalam ilustrasi berikut ini.
Seimbang gizi: Makan makanan yang tinggi serta (50 %) , rendah garam (kurang dari 4,5 gram), rendah lemak (20%-30%), rendah gula (< 10%), hindari sedapat mungkin bahan pengawet makanan, tidak makan "cemilan" dan makan beraneka ragam makanan.
Enyahkan Kebiasaan Buruk : enyahkan rokok, alkohol, obat sembaranan, seks bebas, narkotik, makan secara tidak tepat waktu, banyak jalan dalam ruang-ruang kantor, ketawa besar suara main dan bercada keras, ribut atau bercanda didepan ruang kantor , naik tangga kantor yang bersuara dan bercerita besar, bercerita bukan pada tempat atau ruangan, banyak melakukan gerak-gerak tambahan untuk mempersudutkan atau memperkecil orang, ceritayang menyimpang.. enyahkan kebiasaan buruk tidak melakukan pemeriksaan kesehatan berkala dan hindari kulit kena sinar matahari langsung antara jam 10.00 sampai dengan jam 14.00.
Hidup seimbang, 5 harus : rekreasi, hobby, sosialisasi, nafkah batin (kasih sayang), dan ibadah.
Awasi bagian tubuh rawan : awasi tekanan darah, gula darah, berat badan, kolesterol, serta lakukan pemeriksaan kesehatan berkala termasuk pemerinksaan gangguan alat kandungan pada wanita (PAP Smear), pemeriksaan payudara sendiri (sadari), aasi bagian tubuh rawan pada usia lanju, dan awasi bagian tubuh rawan yang merupakan faktor keturunan.
Terartur Hidup : teratur makan (2-3 kali sehari), tidur cukup (7-8 jam sehari), teratur olahraga untuk menjaga kesegaran jasmani, dan jalani kehidupan seksual yang baik.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar