Minggu, 07 Juni 2015

Kesegaran Jasmani





1. Pengertian Kesegaran Jasmani
Kesegaran jasmani didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendadak. Pembinaan kesegaraan jasmani jelas bermanfaat bagi calon Pegawai Negeri sipil guna menunjang ckegiatan proses belajar mengajar selama mengikuti Pelatihan, serta kelak dapat meningkatkan produktivitas kerja yang prima saat telah menjadi pNS. Dengan demikian, setelah mengikuti pembelajaran ini, calon Pegawai Negeri Sipil . Diharapkan dapat menjelaskan komponen kesegaran jasmani serta memelihara dan meningatkan kesegaran jasmaninya. 
2. Komponen Kesegaran jasmani
Komponen kesegaran jasmani dibagi menjadi dua bagian, yaitu berkaitan dengan kesehatan (health related fitness) dan komponen yang berkaitan dengan keterampilan (skills related fitness). Komponen kesegaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan, terdiri dari daya tahan jantung dan paru-paru , komposisi tubuh, fleksibilitas; kekuatan dan daya tahan otot.
Sedangkan komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan, meliputi: daya ledak, kecepatan, kelincahan, koordinasi , kecepatan , kecepatan reaksi dan keseimbangan.
Untuk dapat menjalankan tugas rutin sebagai Pegawai Negeri sipil dan sebagai anggota masyarakat yang bersosialisasiminimal komponen kesegaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatanlah yang lebih perlu mendapat perhatian. Sedangkan komponen kesegaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan lebih dibutuhkan oleh orang yang memelihara prestasi fisik, seperti atlet dan penari.
a. Daya tahan jantung
b. Komposisi Tubuh
c. Fleksibilitas
d. Kekuatan Otot
e. Daya tahan otot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar